Cara Membuat Arang Briket Menggunakan Bahan Daur Ulang

Briket adalah blok bahan yang bisa dibakar untuk dijadikan bahan bakar. Bahan bakar alternatif ini dibikin dari hasil pembakaran bahan berukuran kecil. Briket bisa dibikin dari beragam jenis bahan tetapi kebanyakan gunakan briket arang .

Cara membuat arang briket ini ringan dan di dalam pembuatannya bisa gunakan bahan yang tersedia disekitar kita. Briket digunakan untuk memasak dan beragam keperluan lainnya. Adapun bisa gunakan mesin briket arang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatannya

Bahan pembuatan briket bisa gunakan bahan arang batok kelapa, serbuk kayu, sampah organik, arang sekam dan sebagainya. Apabila Anda tertarik untuk membuat briket, lihat arikel ini bagaimana cara membuat arang briket bersama mudah Chalabi Grup Indonesia .

Jenis Arang Briket
1. Arang Briket Tempurung Kelapa
Briket tempurung kelapa bisa jadi bahan bakar alternative yang punyai banyak keuntungan jikalau memanfaatkannya bersama baik. Beberapa keuntungan gunakan briket ini yaitu irit dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan.

Briket ini ringan terbakar, tahan lama dan membuahkan energi panas tinggi, jadi jikalau dibandingkan bersama bahan bakar yang lain briket tempurung kelapa ini lebih murah.

Pengolahan briket tempurung kelapa ini tidak Mengenakan bahan kimia sehingga saat digunakan tidak berasap dan abu tidak berterbangan. Pada saat gunakan briket ini tak wajib kuatir punyai noda hitam, gara-gara briket ini tidak meninggalkan noda terhadap peralatan. Brikut dibawah ini cara membuat arang briket batok kelapa

Keunggulan Briket Tempurung Kelapa :
Lebih irit dan ekonomis.
Tidak menimbulkan resiko ledakan atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor elpiji.
Panas tinggi stabil jadi terlampau baik untuk pembakaran yang membutuhkan saat lama.
Tidak mengeluarkan suara bising dan tidak membara jadi tidak membuat peralatan memasak jadi rusak.
Ramah lingkungan serta aman bagi kesehatan terutama bagi ibu tempat tinggal tangga yang kerap memasak di dapur.
Bahan basic briket dari batok kelapa ini berlimpah.
Bahan Pembuatan Briket Kelapa  : bulk charcoal for sale
Arang tempurung kelapa
Tepung kanji
Air
Peralatan :
Mesin penepung arang / diskmill
Alat pencetak briket
Mesin pencampur adonan
Oven briket
Cara membuat arang Briket Tempurung Kelapa :
Proses pengarangan
Tempurung kelapa dibikin jadi arang lewat proeses pengarangan manual bersama gunakan tong seterusnya dibakar dan ditutup bersama sedikit ventilasi terhadap tong arang tersebut.

Pengarangan ini termasuk bisa gunakan sistem pirolisis yaitu di mana tempurung kelapa dimasukkan ke di dalam tangki pirolisis di dalam kondisi tertutup seterusnya asap dikondensasikan hingga beroleh asap cair.

Proses penepungan
Hasil arang dari pemabakaran manual tau sistem pirolisis sesudah itu bisa ditepung gunakan perlindungan mesin diskmill.

Proses pengayakan
Apabila sudah lewat sistem penghancuran arang maka dijalankan pengayakan sehingga bisa membuahkan arang tempurung kelapa bersama ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang tempurung kelapa ini disaring gunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh.

Proses pencampuran media
Tepung tempurung kelapa ini sesudah itu dicampur bersama gunakan air dan lem kanji. Waktu sistem pencampuran ini wajib ditambah bersama lem kanji sebanyak 2,5 % dari tepung tempurung kelapa tadi.

Proses mencetak briket arang tempurung kelapa
Setelah semua bahan tadi sudah tercampur merata seterusnya melaksanakan sistem pencetakan bersama gunakan cetakan.

Proses pengeringan
Keringkan briket yang sudah dicetak bersama gunakan oven bersuhu 650 celcius sepanjang 2 jam, pengeringan ini bisa gunakan perlindungan cahaya matahari. Briket dari bahan tempurung kelapa ini pun siap dikemas, digunakan, dan dipasarkan.

2. Arang Briket Serbuk Kayu
Serbuk kayu yang kebanyakan dibuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan dan bakal membuat banyak persoalan lingkungan. Namun saat ini serbuk kayu bisa dimanfaatkan bersama baik untuk kurangi persoalan limbah terhadap lingkungan yaitu bersama membuat briket dari bahan serbuk kayu.

Pembuatan briket dari bahan ini ringan bersama basic bahan kayu yang ringan terbakar. Briket serbuk kayu bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak dan aneka keperluan lainnya. Briket serbuk kayu ini bisa dihasilkan dari beragam sisia kayu seperti limbah gergaji yang bisa didapatkan bersama harga terjangkau.

Bahan Pembuatan Briket Serbuk Kayu :
Serbuk kayu
Tempurung kelapa
Lem kanji
Peralatan :
Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
Oven
Cetakan briket
Proses Pembuatan Briket Serbuk Kayu :
Pengarangan
Serbuk kayu yang sudah didapatkan bersama bahan tempurung kelapa ini dibakar sehingga jadi arang.

Pengayakan
Jika sudah membuahkan arang yang halus maka melaksanakan pengayakan untuk membuahkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak bersama gunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh serta arang tempurung kelapa ukuran kelolosan 70 mesh.

Pencampuan
Arang serbuk gergaji serta tempurung kelapa yang sudah disaring seterusnya dicampur bersama gunakan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % serta arang tempurung kelapa sebanyak 10 %. Ketika sistem pencampuran ditambah bersama lem kanji sebanyak 2,5 % dari semua campuran arang tadi.

Pencetakan briket arang
Jika bahan sudah dicampurkan bersama merata maka bahan arang bisa langsung dimasukkan ke di dalam cetakan briket dan ditempa. Jika sudah dicetak briket bisa langsung dikeringkan gunakan oven pengering atau menjemurnya dibawah cahaya matahari langsung.

Dengan gunakan bahan seperti serbuk kayu dan mengolahnya jadi briket merupakan tidak benar satu cara efektif untuk kurangi pencemaran lingkungan, tak hanya itu termasuk bisa membuahkan keuntungan lain bersifat bahan bakar untuk keperluan memasak sehari – hari.

3. Arang Briket Sampah Organik
Sampah merupakan hal besar yang bertambah tiap tiap harinya dan jadi tidak benar satu problem bagi masyarakat terutama dikota besar. Sampah pun menimbun sehingga menggangu panorama dan mencemari lingkungan. Untuk bisa kurangi sampah organik ini maka wajib adanya pengolahan atau daur ulang.

Briket jadi tidak benar satu penangan yang pas bersama produksi kembali sampah organik. Briket sampah efektif digunakan untuk bahan bakar. Dengan bermodalkan bahan sampah organik menjadikan briket ini lebih hemat. Terdapatbanyak berlebihan bersama memasak gunakan briket sampah, terutama di dalam hal cita rasa khas masakan yang lebih keluar.

Menggunakan briket sampah organik bisa mengeluarkan cita rasa masakan jadi lebih khas dan enak dibandingkan bersama gunakan kompor minyak atau gas. Cara membuat briket dari bahan sampah ini memadai mudah, lihat caranya dibawah ini :

Bahan Pembuatan Briket Samapah organik :
Sampah organik kering seperti daun, ranting, sisa sampah dapur kering, tempurung kelapa, serbuk gergaji, dll
Perekat alami atau buatan yaitu tepung kanji
Peralatan :
Drum (untuk pembakaran)
Sekop
Wadah (baskom/panci)
Mesin pencetak briket
Anglo (cetakan briket)
Lesung (penumbuk)
Ember
Tongkat kayu(pengaduk)
Proses Pengarangan Briket Sampah Organik :
Siapkan drum untuk sistem pembakaran atau pengarangan sampah organik.
Sampah organik seperti daun kering dicicang dahulu lantas masukan ke di dalam drum sesudah itu dibakar. Sampah seterusnya dimasukkan di dalam drum pembakaran pelahan sehingga nyala api tidak padam.
Jaga sistem pembakaran ini sehingga tidak tersedia udara yang muncul masuk ke di dalam drum. Jika udara bisa muncul masuk drum maka pembakaran ini tidak bisa membuahkan arang tetapi abu.
Matikan api, jikalau sistem pengarangan selesai.
proses Pembuatan briket sampah organik :
Siapkan penumbuk seperti lesung, seterusnya arang yang tersedia ini ditumbuk hingga halus hingga jadi bubuk arang. Jika sudah maka kumpulkan bubuk arang terhadap suatu daerah seperti ember.
Persiapkan lem kanji dan encerkan bersama gunakan air panas. Campur kanji bersama bubuk arang sehingga jadi adonan yang lengket. Jika sudah, adonan diaduk sehingga tercampur rata dan jadi adonan yang sedikit lengket.
Siapkan cetakan briket, cetakan bisa mengunakan pipa PVC, bambu atau bersama mengepal adonan gunakan tangan.
Bila adonan sudah dicetak bersama memasukannya di dalam cetakan secara padat, kalau sudah keluarkan dari cetakan.
Jemur briket lewat cahaya matahari hingga kering.
Briket pun siap digunakan.
Proses pembuatan briket dari bahan sampah organik ini ringan dan bisa dicoba dirumah. Dengan cara bisa menghemat pengeluaran dan bisa kurangi sampah, lingkungan bisa kembali bersih dan nyaman.

2 thoughts on “Cara Membuat Arang Briket Menggunakan Bahan Daur Ulang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *