Miliaran orang di seluruh dunia membaca surat kabar, mendengarkan radio, menonton televisi, dan menjelajahi Internet untuk mengetahui berita terbaru, tetapi hanya sedikit yang pernah bertanya pada diri sendiri apa yang diperlukan untuk masuk ke dalam kategori tersebut. Lagi pula, jika ada, itu pasti “berita”. Karena jarang bersifat menyenangkan, maka itu harus menjadi salah satu aspeknya. Atau itu? Pertimbangkan skenario berikut.

Seorang gadis berusia sembilan tahun jatuh dari pohon di 33 Ward Lane, yang terletak di kota kecil Pennsylvania, kemarin, mengalami patah lengan. Khawatir, anggota keluarga dan teman-temannya segera bergegas ke sisinya atau menelepon untuk mengetahui kondisinya. Ini mungkin tidak menyebabkan jeda dalam hiruk pikuk bursa saham New York, tapi itu adalah tentang rilis berita.

Ketika Air France dan British Airways masing-masing meresmikan layanan Concorde supersonik ke Washington dan New York pada 22 November 1977, menyelesaikan penerbangan mereka dalam waktu kurang dari tiga jam, itu dianggap sebagai tonggak sejarah penerbangan dan menarik minat orang-orang hingga ke Australia. Ini juga berita.

Karena ada sedikit kesamaan antara kedua peristiwa ini, definisi yang tepat dari konsep tersebut belum tentu mudah untuk ditentukan, namun menurut Thomas Elliot Berry dalam bukunya, Journalism in America (Hastings House, Publishers, 1976, hlm. 26), itu dapat bervariasi dalam tiga cara: “Dari satu kertas ke kertas lain; dari satu waktu ke waktu lain; dan dari satu tempat ke tempat lain.” Berita Pekanbaru Terkini

Konsep pertama ini dapat diilustrasikan dengan membandingkan sebuah tabloid dengan surat kabar harian ukuran penuh. Yang pertama, sekali lagi menurut Berry (p. 26), kemungkinan besar akan menampilkan cerita “seperti kisah pertengkaran keluarga, gosip tentang kepribadian semi-terkenal, atau deskripsi cengeng tentang orang yang tidak dikenal dan masalah pribadi mereka,” sedangkan makalah ukuran penuh akan menawarkan fitur tentang keuangan, bursa saham, ekonomi, dan perkembangan ilmiah.

“Konsep berita (juga) bervariasi di antara (jenis) media,” tulis John Hohenberg dalam bukunya, The Professional Journalist (Holt, Rinehart, and Winston, 1978, hlm. 87). “Untuk surat kabar pagi, seperti yang terjadi kemarin. Untuk koran sore, seperti yang terjadi hari ini. Untuk majalah berita, seperti yang terjadi minggu lalu. Untuk layanan kawat, radio, dan televisi, seperti yang terjadi beberapa saat yang lalu.” Berita Tekno Terbaru

Dengan demikian, berita dapat bervariasi menurut jenis media dan frekuensi penerbitan atau penyiarannya.

Ini juga bervariasi menurut waktu—artinya, apa yang dapat dianggap “layak diberitakan” bergantung pada apa yang telah terjadi secara keseluruhan dan karena itu jumlah ruang yang tersisa untuk digunakan untuk perkembangan yang lebih kecil. Sebuah kecelakaan lalu lintas selama bulan Agustus, ketika sebagian besar pekerja sedang berlibur, misalnya, dapat dianggap penting, tetapi hanya ada sedikit ruang yang tersisa untuk jenis kejadian ini sehari setelah pengeboman maraton Boston. Bahkan kebakaran apartemen di dekat peristiwa yang tidak secara langsung disebabkan olehnya bahkan tidak akan dipertimbangkan untuk dicetak.

Oleh karena itu, berita bergantung pada apa lagi yang terjadi pada hari tertentu.

Itu juga bergantung pada perspektif, yang dengan sendirinya bervariasi sesuai dengan lokalitas kejadiannya. Sebuah cerita tentang hilangnya satu-satunya binatu di kota kecil, misalnya, kemungkinan besar akan dianggap penting bagi warganya, tetapi jika peristiwa yang sama terjadi di kota seukuran Chicago, itu mungkin tidak lebih penting dari sembilan. -tahun yang jatuh dari pohon. Bagaimana orang-orang di Moskow, yang jauhnya 10.000 mil, melihat peristiwa ini, bahkan jika ceritanya diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia?

Berita, menurut Julian Harriss, Kelley Leiter, dan Stanley Johnson dalam buku mereka, The Complete Reporter, (MacMillan Publishing Company, 1977, hlm. 22), dapat dianggap sebagai “yang memiliki kepentingan terbesar bagi jumlah orang terbesar. “

Meskipun definisinya, berdasarkan parameter yang berbeda ini, dapat sangat bervariasi, namun tetap terdiri dari lima penyebut umum yang berfungsi sebagai pedoman yang digunakan editor ketika mereka mempertimbangkan item untuk dipublikasikan.

Yang pertama adalah bahwa itu harus menarik minat pembaca baik secara langsung mengenai mereka atau memberikan elemen yang menarik.

“Cerita paling umum yang menjadi perhatian pembaca secara langsung adalah laporan tentang tindakan pemerintah, kemajuan ilmu pengetahuan, dan analisis ekonomi,” tulis Berry dalam Jurnalisme di Amerika (hal. 27). “Kisah-kisah menarik tersebar luas, mulai dari pameran daerah dan perubahan mode pakaian hingga kecelakaan mobil yang aneh, atau apa pun yang menurut editor layak diberitakan.”

Aspek kedua dari sebuah berita adalah kebenaran: ia harus melaporkan fakta-fakta yang telah dikumpulkan dan hanya fakta-fakta, tetapi sama-sama harus tetap objektif, tanpa emosi, opini, atau pemikiran. Aspek-aspek ini sangat tidak dapat diubah. Bahwa beberapa bentuk media secara bersamaan melaporkan peristiwa yang sama berfungsi sebagai check-and-balance dan memastikan bahwa wartawan mematuhi cita-cita ini.

Ketiga, itu harus baru, yang tentu saja tergantung pada jenis publikasi dan frekuensi rilisnya. Sebuah layanan kawat, seperti yang disebutkan sebelumnya, mempertimbangkan berita yang terjadi beberapa saat sebelum disiarkan, sedangkan majalah akan mengulas peristiwa penting yang terjadi dalam seminggu atau bahkan sebulan terakhir. Namun, materi baru yang sebelumnya tidak dilaporkan berfungsi sebagai kesamaan di antara keduanya.

Keempat, cerita harus mengandung unsur kedekatan yaitu menarik bagi pembaca, mempengaruhi pembaca, dan perhatian pembaca. Wanita yang berlangganan majalah fesyen, misalnya, akan mengharapkan informasi, fitur, dan iklan terkait fesyen, sementara seseorang dengan, katakanlah, latar belakang Jerman ingin terus mengikuti aspek-aspek tentang budayanya dan perkembangan di tanah airnya.

 

3 thoughts on “Apa itu Berita?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *