Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik, Serta Contohnya

Belakangan ini, penduduk pasti telah akrab bersama dengan postingan atau ulasan yang bertebaran di beraneka tempat maupun tempat sosial. Bahkan postingan yang kebenarannya tidak cocok fakta pun banyak yang berminat membaca dan turut menyebarkannya.

Tulisan-tulisan berikut bisa saja sanggup disebut bersama dengan artikel. Artikel sendiri adalah karangan pendek, berkisar pada 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema khusus yang ditujukan untuk memberikan anggapan pada sebuah realitas, baik bersifat fakta, rancangan atau pendapat tertentu.

Bagi lebih dari satu orang menulis artikel itu mudah. Ia tinggal menuangkan apa isi kepalanya di dalam sebuah postingan dan jadilah artikel. Tapi, tak termasuk sanggup dipungkiri lebih dari satu lainnya terasa sukar membuat artikel. Adapun bisa, namun tidak menarik, bertele-tele dan tidak kaya informasi.

Nah,menurut Anda kenapa sebuah artikel hoaks itu selalu menarik? Meski berita bohong mengapa orang ramai-ramai membacanya dan membagikannya? Alasannya adalah gara-gara pembuat hoaks menyadari apa yang sedang diminati masyarakat, apa yang sedang digunjingkan dan dibenci jasa penulis artikel .

Contoh: Masyarakat sedang repot bersama dengan kabut asap, maka terlihat artikel hoaks mendatangkan hujan buatan bersama dengan menjemur air garam.

Nah, kecuali Anda inginkan menulis artikel yang menarik, tulislah sesuatu yang lebih kurang bakal berfaedah bagi masyarakat, atau perihal fenomena yang sedang dibicarakan masyarakat.

Langkah Menulis Artikel
Bagi pemula, ada baiknya lihat dulu beberapa langkah membuat artikel yang bisa saja sanggup membantu Anda berikut ini.

1. Tentukan Tema

Tema postingan Anda kudu spesifik. Semakin khusus tambah menarik minat baca.
Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, bahkan di dalam artikel jenis gambaran dan narasi, tidak menunjukkan target penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.

2. Rumuskan inspirasi pokok atau masalah

Nah, ini sanggup mengfungsikan outline atau rangka inspirasi pokok per paragrafnya. Jadi seandainya Anda inginkan menerangkan kasus di paragraf pertama, semisal kasus di paragraf kedua, penyebab di paragraf ketiga, pengaruh di paragraf empat dan solusi di paragraf lima.

3. Buatlah Kesimpulan

Kesimpulan bikinnya mudah. Anda sanggup membuatnya bersama dengan baik seandainya logika atau kronologis artikel kamu benar.

Hal yang kudu diperhatikan di dalam penulisan artikel adalah:

1. Unsur 5W+1H

– What: Apa persoalannya

– Where : Dimana tempatnya

– When : Kapan

– Who : Siapa yang bercerita, atau menceritakan perihal siapa

– Why : Kenapa kasus terjadi

– How : Bagaimana kasus itu sanggup terjadi, atau bagaimana kasus itu diselesaikan.

2. Sesuai Fakta

Artikel sesungguhnya terdiri dari dua yakni Fiksi dan Nonfiksi. Dalam artikel yang bukan fiksi Anda pasti kudu membuat yang cocok fakta. Bagaimana langkah menyadari itu fakta atau bukan, silahkan laksanakan cek dan ricek dari beraneka sumber sampai dapatlah artikel yang cover both side.

Nah pentingnya memberikan perihal cocok fakta adalah gara-gara pas ini undang-undang kita terlampau ketat perihal UU ITE yang bakal memenjarakan orang yang menulis berita bohong atau hoaks.

3. Jangan Menyinggung Personal atau Kelompok

Semua orang bebas menulis, menulis apa saja yang ia kehendaki. Namun tulislah yang bermanfaat, bukan hanya buah pikir yang isinya memojokkan seseorang atau kelompok tertentu. Selain bakal membuat permusuhan, Anda termasuk berpotensi melanggar hukum dan berhadapan bersama dengan pihak berwajib.

Jenis Artikel
1. Artikel Deskripsi

Artikel gambaran adalah karangan yang punya tujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca sanggup membayangkannya di di dalam benak. Saya lebih bahagia menjulukinya sebagai artikel gambar. Sebab seratus persen artikel ini berisi gambaran keadaan, kejadian, peristiwa.

Contoh artikel deskripsi:

Tips Memilih Ikan Segar

Ikan merupakan bahan makanan bersama dengan kadar gizi yang tinggi. Dari anak-anak sampai dewasa terlampau dianjurkan untuk menambahkan ikan di di dalam menu makanan.

Akan tetapi, kadar gizi ini sanggup jadi tidak sanggup didapatkan kecuali kita tidak benar pilih ikan.

Ikan yang baik sanggup dikenali dari lebih dari satu cirinya. Mata ikan fresh bakal terlihat bening, cembung atau menonjol. Jika ikan tetap segar, matanya bakal terlihat seperti pas ikan berikut tetap hidup.

Insang ikan fresh termasuk berwarna merah tua dan terang. Jika kita membaui bagian insang ini, maka bakal berbau amis fresh seperti ikan segar. Jika ikan berikut telah tidak fresh maka bakal terlampau berbau busuk pas dicium.

Ciri lain ikan fresh adalah dikala kita menekan dagingnya maka bakal terasa keras, Berbeda bersama dengan ikan busuk yang bakal terlampau lunak dan mudah hancur. Memperhatikan kondisi ikan artinya menyimak asupan gizi yang bakal dikonsumsi.

2. Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu kondisi atau situasi, baik berdasarkan kronologis pas atau kronologis kejadian.

Artikel narasi sanggup seperti cerita (novel, cerpen, komik, dongeng, film, drama, dll), di dalam artikel narasi kudu ada penokohan, seperti di dalam cerita pada umumnya. Sang tokoh dideskripsikan sebagai sosok yang bergulat bersama dengan kasus dan berkonflik bersama dengan kehidupan. Dan ia mengupayakan memenangkan pergulatan tersebut. Adanya konflik kehidupan membuat postingan jenis ini menarik minat baca. Sebab seandainya tidak ada konflik, maka sebuah narasi bakal jadi hambar.

4 thoughts on “Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik, Serta Contohnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *