Dalam sistem pembuatan pondasi bored pile, terdapat beberapa jenis yang berlainan jikalau dicermati berasal dari sistem pembuatannya. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

1. Strauss Pile Atau Bore Pile Manual

Strauss pile adalah tehnik pembuatan bore pile yang dilaksanakan dengan tenaga manusia sebagai penggerak alat bor.

Metode jenis ini biasanya dilaksanakan terhadap tanah yang kering. Selain itu, metode ini lumayan praktis sebab tidak menimbulkan polusi atau nada bising berasal dari mesin yang mengganggu.

Tentunya metode ini terbatas terhadap waktu pengerjaan yang lebih lama dan tingkat kedalaman yang terbatas.

2. Bore Pile Mini Crane Strauss Pile Makassar
Sesuai namanya, metode pembuatan bore pile ini memakai alat mini crane.

Berbeda dengan Strauss pile, pemakaian mini crane butuh air yang lumayan banyak didalam sistem pengeborannya sebab memakai tehnik bor basah.

Bore Pile Mini Crane memiliki ragam variasi diameter pondasi yang dapat digunakan yaitu berdiameter berasal dari 30 cm hingga 80 cm

3. Bored Pile Gawangan

Bored Pile Gawangan adalah metode pembuatan pondasi bore pile yang memakai alat gawangan. Alat gawangan sendiri bekerja serupa dengan alat mini crane yaitu memakai air yang lumayan banyak.

Perbedaanya adalah lubang yang dihasilkan gawangan berdiameter lebih besar dibanding mini crane.

Perbedaan lainnya yang lebih mencolok adalah pemakaian tambang terhadap tiang gearbox dan sasis mesin di segi kiri dan kanannya

Penggunaan tambang ini mempunyai tujuan untuk melindungi keseimbangan alat sepanjang sistem pengeboran dan agar tidak melenceng ke arah lainnya.

 

Bore Pile Gawangan lumayan terkenal sebab kemudahan alatnya yang dapat dirangkai dan dibongkar agar memudahkan pengerjaan.

2 thoughts on “Jenis Pondasi Bored Pile”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *