Intel Arc A730M telah muncul dalam beberapa ulasan awal di Cina – materi tentatif mengingat sumbernya, dan kami akan kembali ke poin itu – tetapi kali ini salah satu penguji GPU Alchemist telah menggunakan driver terbaru yang secara resmi mendukung A730M.

Driver tersebut diperkenalkan kemarin (versi 30.0.101.1735) yang membawa dukungan tersebut, dan karena laptop sekarang dijual dengan A730M di dalamnya – tetapi hanya di China – ini adalah gambaran sekilas pertama kami tentang potensi kinerja kartu grafis laptop Intel yang terletak di di bawah A770M unggulan.

Situasinya adalah dua sumber (ditandai oleh VideoCardz) telah membandingkan laptop gaming Machenike yang sekarang tersedia di rak-rak di China, yang memiliki GPU A730M di dalamnya. Kumpulan hasil pertama datang dari ‘Golden Pig Upgrade’, seorang penghuni Weibo yang memberi kami kebocoran sebelumnya seperti yang kami laporkan kemarin – tetapi sekarang telah menginstal driver Intel terbaru untuk putaran pengujian terbaru ini seperti yang disebutkan.

Hasil lainnya datang dari IT-Home, situs teknologi Cina, meskipun ini tidak menggunakan driver baru dengan dukungan untuk A730M, dan secara keseluruhan, kami masih memiliki kerangka berpikir skeptis yang sehat saat mengunyah skor ini.

Mari kita lihat temuan Golden Pig Upgrade terlebih dahulu, yang membandingkan A730M dengan GPU laptop RTX 3060, menggunakan tolok ukur notebook yang menjalankan salah satu prosesor Intel Alder Lake Core i7-12700H untuk memberikan medan permainan yang cukup seimbang.

Sementara A730M masih bekerja dengan baik dalam pengujian sintetik – seperti yang kita lihat dalam hasil 3DMark kemarin – dan mengalahkan RTX 3060 jauh (memang, GPU Intel mengalahkan 3070), itu tidak terjadi dengan tolok ukur game yang sebenarnya, untuk informasi teknologi lainnya di Berita teknologi terlengkap.

Untuk memilih beberapa contoh, Gears 5 mencapai 90 fps (frame per detik) dengan A730M, tetapi itu jauh di belakang RTX 3060 yang mengelola 133 fps. Untuk Hitman 2, kartu Nvidia memimpin GPU Intel mencapai 100 fps dibandingkan dengan 76 fps. Keduanya adalah hasil DX12 – resolusi dan pengaturan tidak dibagikan, tetapi jelas ini adalah 1080p – tetapi beberapa tolok ukur DX11 juga dijalankan, seperti Total War Saga: Troy, di mana Nvidia menang dengan 136 fps hingga 114 fps.

Ada beberapa berita yang lebih cerah dengan Metro Exodus, pikiran, di mana A730M mengalahkan RTX 3060, rata-rata 77 fps dibandingkan dengan 72 fps (dan kami tahu itu dengan pengaturan grafis tinggi pada 1080p).

Pengujian IT-Home didasarkan pada driver Intel Arc versi 30.0.101.1726, sebelum A730M didukung secara resmi, jadi secara teknis termasuk dalam kategori kebocoran pra-rilis bagi kami – tetapi hasil 3DMark mirip dengan Peningkatan Babi Emas, dan temuannya line-up yang luas untuk game dunia nyata juga.

Artinya, A730M agak tertinggal dari RTX 3060, meskipun dalam kasus ini, perbandingan benchmark tidak dibuat langsung oleh IT-Home, melainkan ditarik ke benchmark yang ada untuk game tersebut melalui Notebookcheck.net; jadi kita harus sangat berhati-hati di sini. Untuk apa nilainya, A730M terlihat jauh lebih lambat daripada RTX 3060 di Cyberpunk 2077, sedangkan Kontrol melihat kinerja yang hampir sama, tetapi GPU Intel benar-benar unggul untuk Elden Ring – meskipun kami secara positif mengarungi garam di sini, sungguh.

Analisis: Optimasi masih banyak yang harus dilakukan untuk Arc?

Jumlah total dari perbandingan tolok ukur ini – beberapa di antaranya pasti goyah – adalah bahwa A730M lebih lambat dari Nvidia RTX 3060 di sebagian besar game yang diuji, tetapi tidak semuanya (dan tentu saja bukan pengujian sintetik dengan 3DMark, tapi itu bukan sama pentingnya dengan hasil game dunia nyata). Dan saran yang jelas adalah bahwa Intel masih bekerja keras untuk meningkatkan driver grafis Arc.

Metro Exodus adalah tolok ukur utama untuk difokuskan di sini, karena kami melihat Golden Pig Upgrade menjalankan game ini dalam pengujian mereka sebelumnya, tetapi dengan driver yang sudah ketinggalan zaman – jadi sekarang kami dapat membandingkan hasil tersebut dengan driver baru yang secara resmi mendukung A730M.

Sebelumnya, Metro Exodus (pada pengaturan tinggi, 1080p) mengelola 70 fps, tetapi dengan driver baru, ini mendorong hingga 77 fps – tetapi ada kisah yang lebih besar untuk diceritakan dalam hal frame rate terendah yang tercatat. Sebelumnya, itu turun ke 9 fps yang menghebohkan – artinya kadang-kadang, Metro Exodus menjadi tayangan slide yang benar-benar tersentak – tetapi sekarang, kami melihat rendahnya 45 fps, yang jauh lebih sesuai dengan yang kami harapkan.

Dengan kata lain, driver terbaru tampaknya telah disetel untuk Metro Exodus sekarang, tetapi tidak untuk beberapa game lain yang mengikuti sejumlah hasil yang disaksikan di sini. Yang lagi-lagi menunjuk pada Intel yang masih dalam proses mengoptimalkan driver dan memuluskannya untuk berbagai game bermasalah. (Perhatikan bahwa ada juga laporan tentang beberapa game mogok atau bahkan tidak berjalan sama sekali dengan Arc A730M, yang sama sekali bukan pertanda baik).

Dan semua itu terkait dengan apa yang telah kita lihat sejauh ini – peluncuran GPU laptop Arc yang sangat terbatas, hanya di Asia, terutama karena Intel belum siap untuk meluncurkan produk Alchemist di dunia yang lebih luas dan ke wilayah seperti AS dan Eropa. Belum lagi penundaan pada desktop Arc, kemungkinan terikat dengan alasan yang sama karena perlu menyempurnakan sisi perangkat lunak lebih lanjut, bahkan jika perangkat keras siap digunakan.

Ingat, semua ini hanyalah spekulasi, tetapi hal-hal yang jelas belum berjalan sesuai rencana Intel sejauh ini dengan GPU Arc, jadi ini bukan lompatan besar yang harus dilakukan ketika Anda melihat tolok ukur awal seperti yang dibagikan di sini.

48 thoughts on “Tolok ukur GPU laptop kelas atas Intel mulai membuat kami khawatir”
  1. Nice post. I find out some thing very complicated on different blogs everyday. Most commonly it is stimulating to read content off their writers and practice a little something from their store. I’d would rather use some together with the content on my small blog no matter whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a link with your web blog. Many thanks sharing.

  2. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a co-worker who has been conducting a little homework on this. And he in fact bought me lunch simply because I found it for him… lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending some time to discuss this subject here on your website.

  3. Having read this I thought it was really informative. I appreciate you finding the time and energy to put this article together. I once again find myself personally spending a significant amount of time both reading and posting comments. But so what, it was still worthwhile.

  4. You’ve made some good points there. I checked on the net for more information about the issue and found most people will go along with your views on this site.

  5. You are so awesome! I don’t suppose I have read through something like that before. So good to find somebody with a few genuine thoughts on this issue. Really.. many thanks for starting this up. This website is something that’s needed on the internet, someone with a little originality.

  6. Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you, However I am having issues with your RSS. I don’t understand why I cannot join it. Is there anybody else having similar RSS problems? Anybody who knows the answer will you kindly respond? Thanks.

  7. The next time I read a blog, Hopefully it doesn’t fail me as much as this particular one. After all, I know it was my choice to read through, nonetheless I really believed you would probably have something useful to talk about. All I hear is a bunch of complaining about something that you could fix if you were not too busy seeking attention.

  8. Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you so much, However I am having issues with your RSS. I don’t know why I can’t join it. Is there anybody else having the same RSS issues? Anyone who knows the solution can you kindly respond? Thanx!

  9. Nice post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon every day. It will always be exciting to read through articles from other authors and use something from other websites.

  10. Everything is very open with a precise explanation of the issues. It was truly informative. Your site is useful. Many thanks for sharing!

  11. The next time I read a blog, Hopefully it won’t disappoint me as much as this particular one. I mean, Yes, it was my choice to read, nonetheless I genuinely believed you’d have something interesting to talk about. All I hear is a bunch of crying about something you could possibly fix if you were not too busy searching for attention.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *